Teknologi

Mengapa Anda harus bergabung dengan gerakan 1000 startup digital?

Apakah ada jalan pintas untuk memajukan ekonomi digital Indonesia? Dikatakan bahwa kunci kemajuan ekonomi digital Indonesia terletak pada perusahaan startup. Berdasarkan keyakinan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menginisiasi gerakan 1000 startup digital di Indonesia sejak 2016. Kecintaan Ulam mencapai puncaknya, dan setelah empat tahun upaya ini membuahkan hasil yang memuaskan.

Lantas apa saja gerakan 1000 startup digital? Gerakan 1000 Startup Digital merupakan program Kominfo

untuk membangun potensi Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia. Program ini bertujuan untuk membangun negara dengan pendekatan teknologi.

Program ini terbuka untuk inisiator dan tim startup yang memiliki solusi atas berbagai permasalahan di Indonesia. Mereka kemudian dilatih dan dibimbing oleh mentor untuk membantu mereka tumbuh sukses dan berkembang menjadi startup digital yang didirikan oleh anak-anak negeri yang mandiri dan sukses.

Apa saja tahapan dari gerakan 1000 digital startup?

Jika Anda sempat menonton Start-Up drama hit Korea, Anda pasti akan lebih mudah memahami tahapan program Kominfo ini. Alasannya adalah karena tahapan program ini sangat mirip dengan hackathon SandBox di drama. Gerakan 1000 Digital Startup terdiri dari lima fase, yaitu ignition, workshop, hack sprint, boot camp dan inkubasi.
1 pengapian

Selama dua hari berturut-turut, Anda akan dilatih oleh pelaku industri

dan otoritas pengawas dalam seminar di coworking space. Anda akan memperkenalkan enam ekosistem strategis di Indonesia, seperti pariwisata, kesehatan, pertanian, pendidikan, pelayaran dan logistik.
2 bengkel

Kemudian Anda akan diajak untuk mencari tahu tentang hal-hal non teknis dan teknis saat membangun sebuah startup. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk kursus online dan penugasan selama 4 minggu.
3 retas sprint

Anda diundang untuk membuat produk menggunakan metode Design Sprint. Acara ini berlangsung selama tiga hari dan Anda diundang untuk mengumpulkan ide dan mengimplementasikannya.
4 kamp pelatihan

Ini adalah tahap yang paling dinanti. Anda akan menerima umpan balik dari mentor tentang validasi MVP. Anda dapat mengetahui umpan balik merek terkait produk, bisnis, dan UX.
5 inkubasi

Seperti Pak Han yang memberikan bimbingan intensif, Gerakan 1000 Startup Digital

memiliki inkubasi. Anda akan didampingi oleh mentor yang ditunjuk selama 4 minggu. Mentor menawarkan Anda dan tim Anda 1-to-1 mentoring.

Dalam lima fase tersebut, peserta dapat belajar dan berlatih bagaimana membangun startup Indonesia dari awal hingga akhir. Anda tidak terbatas pada pembelajaran gratis tetapi dapat bertemu dengan mentor terkenal di dunia. Dari umpan balik dari para mentor ini, Anda tahu apa yang perlu diperbaiki.

Untuk mempermudah proses diskusi, program ini juga memiliki office yang bisa kamu gunakan lho. Anda dan tim bisa bekerja di coworking space yang sudah disiapkan. Dengan bekerja di lingkungan yang kondusif dan kompetitif, Anda dan tim dapat lebih produktif untuk mengembangkan bisnis Anda.

Dengan capaian ini, tentunya kita semakin optimis bahwa keberhasilan ekonomi digital di Indonesia, terutama di masa pandemi COVID-19, sangat memungkinkan. Pasalnya, pandemi COVID-19 disinyalir mendukung proses digitalisasi di Indonesia.

Siapa saja mentor gerakan 1000 digital startup?

Banyak mentor keren yang mengikuti program ini yaitu Erick Thohir (Menteri BUMN), Adamas Belva S. (CEO Ruangguru), Ahmad Zaky (Co-Founder Bukalapak), Arif Zamani (CFO Sayurbox), Audrey Maximillan (Co- Pendiri) dari Riliv) dan banyak lagi. Untuk daftar lengkapnya, lihat daftar mentor Gerakan 1000 Digital Startup. Yakin tidak ingin mengikuti program ini dan menjadi calon pendiri startup unicorn di Indonesia?

Saat ini program ini telah menghasilkan lebih dari seribu perusahaan startup dan sudah ada 78.000 calon pendiri yang terdaftar! Semua calon wirausahawan masa depan ini dirawat oleh lebih dari 400 mentor dan lebih dari 300 pembantu bergerak dari berbagai industri.

Daripada berasumsi, ayo segera daftarkan 1000 digital startup movement! Siapa yang mengira Anda bisa menjadi Nam Do San berikutnya? Atau mungkin kamu bisa bertemu mentor yang setampan dan sekeren Pak Han, atau pendiri pemula yang setampan Seo Dal Mi?

Lihat Juga :

https://creasi.co.id/
https://fintekmedia.id/
https://kricom.id/
https://kissasian.id/
https://travelbos.co.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://www.sudoway.id/
https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://ngelag.com/
https://newsinfilm.com/
https://voi.co.id/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/
https://www.bolt.id/