Teknologi

Jack Ma memprediksi bahwa usaha kecil akan menguasai dunia?

Bagi Anda yang saat ini memiliki usaha kecil-kecilan, jangan berkecil hati. Seorang jutawan dan pengusaha inspiratif dari China, Jack Ma membuat prediksi yang menguntungkan Anda. Menurut Jack Ma, perusahaan besar yang telah mendominasi ekonomi global selama tiga dekade digantikan oleh perusahaan kecil. Lebih khusus lagi, negara berkembang dan usaha kecil akan menguasai dunia di masa depan.

Jack Ma berasumsi bahwa digitalisasi akan membawa perubahan besar dalam dunia bisnis.

Kini Anda dapat dengan mudah memulai bisnis digital hanya dengan smartphone dan koneksi internet. Jika kondisi ini terus berlanjut, Jack Ma memperkirakan akan ada lebih dari 60 juta usaha kecil di seluruh dunia yang dapat menjalankan perekonomian. Dengan kata lain, perekonomian tidak hanya didominasi oleh negara-negara maju dengan perusahaan-perusahaan besar.


Perusahaan kecil “lebih berbahaya” daripada perusahaan besar yang sudah mapan

Alih-alih perusahaan besar yang tidak bergerak, kata Jack Mack, perusahaan yang tidak dikenal jauh lebih berbahaya dalam bisnis. Kondisi ini mendorong Jack Ma mendesak China untuk mempercepat transformasi digital.

Ke depan, usaha kecil ini dapat fokus memenuhi kebutuhan global, terutama negara-negara berpenduduk besar seperti China. Di Cina saja ada sekitar 1,4 miliar konsumen yang harus ditanggung di masa depan. Jumlah itu belum ditambah dengan jumlah konsumen dari negara berpenduduk padat lainnya, termasuk Indonesia.

Jika ingin melihat lebih jauh, Indonesia akan mendapatkan anugerah berupa bonus demografi

pada 2030-2040. Penduduk usia produktif Indonesia akan mencapai 64% pada saat itu, menurut prediksi Kementerian Pertanahan Nasional. Oleh karena itu, potensi konsumen di negara kita sangat besar dan menjanjikan.

Dekade ini adalah kesempatan terakhir bagi perusahaan tradisional untuk mengadopsi teknologi digital dengan cepat. Anda memiliki pilihan untuk memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin atau menunggu bisnis Anda dipindahkan ke perusahaan lain yang lebih ramah digital. Jadi mana yang akan Anda pilih?

Lihat Juga :

https://ruaitv.co.id/
https://cmaindonesia.id/
https://rakyatjakarta.id/
https://gramatic.id/
https://tementravel.id/
https://psyline.id/
https://cinemags.id/
https://imn.co.id/
https://bernas.co.id/
https://mt27.co.id/